9 Rekomendasi Minuman Buka Puasa yang Menyehatkan dan Segar

Image

Minuman segar dan sehat dapat mengisi kembali energi yang hilang selama puasa. Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60 persen air, dan setidaknya 2-3 liter cairan dikeluarkan melalui urin, keringat, dan napas.

Jika Anda tidak minum cukup cairan saat sahur dan berbuka puasa, risiko dehidrasi lebih tinggi. Kondisi ini disebabkan oleh penurunan kadar air total dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama, inilah pilihan minuman penambah cairan tubuh saat puasa yang menyehatkan!

 

  1. Air Putih

Salah satu minuman berbuka puasa yang harus dikonsumsi setiap hari adalah air putih. Minuman ini bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

Selain itu, air putih sendiri memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, antara lain: menyeimbangkan asupan cairan dalam tubuh, mengontrol kalori dalam tubuh dan menjaga kesehatan ginjal. Idealnya, dianjurkan minum air putih 8 gelas sehari, bahkan saat berbuka puasa.

 

  1. Air Kelapa

Air kelapa dapat mengisi kembali elektrolit yang hilang saat hari puasa, air kelapa merupakan salah satu jenis minuman segar dan sehat yang mudah ditemukan di bulan ramadhan. Selain dapat menghidrasi tubuh, air kelapa mampu mengisi kembali elektrolit yang hilang saat berpuasa.

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam air kelapa, antara lain kalium, magnesium, mangan, natrium, kalsium, serat, dan vitamin C.

 

  1. Teh Hijau

Teh hijau adalah cairan yang baik untuk hidrasi karena mengandung antioksidan yang disebut katekin. Membantu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Segelas teh hijau saat berbuka juga membantu memulihkan asupan cairan tubuh yang hilang setelah seharian bekerja.

 

  1. Jus Buah

Jika bosan dengan minuman buka puasa yang itu-itu saja, jus buah mungkin bisa menjadi minuman pilihan untuk dehidrasi selanjutnya. Berbagai vitamin dan mineral bisa Anda dapatkan di dalam buah buah favorit Anda.

Semangka atau melon bisa menjadi pilihan jus buah yang tepat. Keduanya lebih banyak mengandung air untuk membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

 

  1. Infused Water

Infused water adalah minuman berbahan dasar air yang dibuat dengan menambahkan potongan buah, seperti lemon. Infused water bisa menjadi minuman pilihan untuk membantu mencegah dehidrasi karena mengandung lebih banyak vitamin dan mineral daripada air biasa.

 

  1. Susu

Minuman buka puasa yang menyehatkan selanjutnya yang bisa menyehatkan tubuh adalah susu. Setelah mengeluarkannya dari lemari es, susu dapat digunakan untuk mendinginkan buka puasa Anda.

Susu adalah gudang nutrisi seperti kalsium, vitamin D dan kalium. Susu juga dianggap sebagai minuman sehat untuk berbuka puasa karena mengandung protein.

 

  1. Air Timun

Salah satu cairan tubuh yang bisa Anda konsumsi saat berbuka puasa dan sahur adalah jus mentimun. Mentimun mengandung sekitar 90 persen air dan dianggap sebagai salah satu sayuran tercepat untuk menghidrasi tubuh.

Anda bisa menambahkan es batu untuk menambah rasa nikmat dan haus saat berbuka puasa.

 

  1. Yoghurt

Yoghurt dianjurkan saat berbuka puasa karena mudah dicerna dan membantu menyerap kembali makanan atau minuman yang telah Anda konsumsi. Minuman berbahan dasar susu ini juga membantu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang.

Selain itu, yogurt adalah sumber probiotik atau bakteri yang baik dan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan saat berpuasa.

 

  1. Realfood Ever Glow

Realfood Ever Glow adalah program sehat yang memiliki beberapa manfaat dari kandungan sarang burung walet dan kurma untuk meningkatkan energi karena mengandung fruktosa tinggi untuk memberikan energi dan serat. Ever Glow juga mengandung berbagai bahan penting seperti Epidermal Growth Factor (EGF), Sialic Acid, Chondroitin Glycosaminoglycans (GAG) dan beberapa asam amino esensial seperti Valin, Leusin, Isoleusin, Arginin, Histidin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *