Mengulas 7 Poin Penting Cover Letter Terbaik Dalam Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Terbaru - Berita | Tips | Status  WA

Cover letter merupakan bagian utama yang harus dilampirkan dalam kepentingan melamar kerja. Dalam pembuatannya tidak sulit namun terkadang ada beberapa hal yang terlewatkan atau Terlupakan. Sehingga berdampak pada keputusan pihak perusahaan untuk menerima calon pelamar kerja. Apa saja beberapa poin penting yang mempengaruhi? Berikut alasannya antara lain:

  1. Salam

Poin yang satu ini dalam cover letter hampir Terlupakan oleh sebagian orang. Padahal poin tersebut sangat menunjukkan etiket baik untuk bisa bergabung dalam perusahaan. Walaupun terlihat sepele akan tetapi sangat berpengaruh ruh pada pihak perusahaan dalam mengambil keputusan. Walaupun persentase pengaruhnya tidak terlalu besar namun ikut mempengaruhi dalam pengambilan keputusan.

  1. Profil

Pada bagian yang kedua ini juga sangat berpengaruh penilaiannya pada cover letter. Pada bagian poin profil bukan kamu harus memperkenalkan diri secara lengkap. Akan tetapi cukup memperkenalkan secara singkat saja khususnya keahlian yang kamu miliki. Sebagai contoh kamu memiliki keahlian di bidang programming maka bisa diceritakan singkat. Dengan cara tersebut saya perusahaan akan langsung memahami keahlian yang kamu miliki.

  1. Prestasi

Pada poin ini jarang Terlupakan dan sebagian besar tersampaikan tujuan dalam pembuatan cover letter. Akan tetapi penempatan sebagian besar diletakkan di bagian CV. Padahal bagian utama yang pasti akan dilihat terlebih dulu adalah pada cover letter. Kamu bisa menjelaskan lebih baik secara singkat pencapaian yang sudah kamu capai. Hal ini bisa menjadi nilai jual yang dapat mempengaruhi. Sebagai contoh” Saya pernah menyelesaikan sebuah Project pembuatan company profile pada tahun 2008 di perusahaan ABC”.

  1. Kesan

Berikan kesan pada cover letter yang kamu buat. Ini bertujuan menunjukkan kesan baik pada perusahaan tempat kamu melamar. Buat kesan yang membuat kamu jadi menarik perhatian dan lebih mudah diingat. Dengan begitu akan menjadi nilai jual lebih bagi kamu untuk lebih diprioritaskan. Oleh karenanya Buatlah kesan terbaik yang mudah diingat pada Tulisan cover letter yang kamu buat.

  1. Jelaskan Pengalaman dan ketrampilan

Pada poin ini kamu harus memperhatikan dengan seksama pada pembuatan cover letter. Karena di bagian ini kamu akan menunjukkan isi keahlian, pengalaman dan prestasi kamu. Pada bagian ini juga kamu akan menunjukkan seberapa besar pengetahuan yang kamu miliki. Oleh karenanya walaupun terlihat sederhana bagian ini jangan sampai Terlupakan saat membuat cover letter.

  1. Kepribadian

Pada bagian ini dalam membuat cover letter kamu harus menunjukkan bagian pribadi kamu yang tepat. Kepribadian yang dimaksud dapat terlihat dari Susunan kalimat saat pembuatan cover letter. Buatlah agar membuat kesan seberapa serius kamu menginginkan pekerjaan yang diinginkan pada perusahaan yang dilamar. Sebagai contoh beberapa kalimat yang menunjukkan kepribadian kamu seperti ” Saya seorang pekerja keras”. Dengan contoh tersebut kamu bisa kembangkan dan susunlah kalimat lebih baik lagi untuk menunjukkan kepribadian kamu.

  1. Antusiasme

Pada bagian ini dalam pembuatan cover letter kamu harus menunjukkan seberapa antusias ingin bekerja di perusahaan yang dilamar. Caranya mudah kamu hanya cukup menunjukkan Susunan kalimat yang tepat yang menggambarkan antusiasme kamu. Ini akan menjadi nilai jual lebih dan berpeluang besar kamu diterima. Selain itu juga berpotensi lamaran kamu cepat mendapatkan respon dari pihak perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan.

Itulah beberapa poin penting cover letter terbaik dalam lamaran kerja. Poin-poin tersebut bisa dijadikan referensi kamu dalam membuat cover letter terbaik agar peluang diterima bekerja lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *