Masalah dengan Apotek Online

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting bagi kita. Tanpa kesehatan kita tidak akan dapat melakukan banyak hal yang penting bagi kita. Jika kita sudah terlanjur terserang penyakit, maka kita akan membutuhkan dua hal, yaitu pelayanan dokter dan obat-obatan. Secara umum, layanan dokter cukup mudah ditemukan di pusat-pusat pelayanan kesehatan seperti klinik, puskesmas, atau rumah sakit. Tetapi obat-obatan seringkali tidak tersedia di kota kita.

Banyak masyarakat yang mengeluh tidak mendapatkan obat yang diresepkan dokter padahal sudah mengunjungi puluhan apotek di kota. Tentunya ini adalah sesuatu yang sangat merepotkan.
Untungnya saat ini sudah banyak apotek yang melayani pembelian secara online. Mereka membuka hotline untuk mengajukan pertanyaan, sehingga Anda dapat memeriksa apakah apotek menyediakan obat-obatan yang kami butuhkan tanpa harus pergi ke apotek. Kita bahkan bisa meminta apotek di luar kota yang menyediakan pengiriman dengan jasa kurir.

Sehingga munculnya apotek dengan sistem online ini dapat sangat memudahkan kita dalam mendapatkan obat-obatan, walaupun kita tinggal di desa yang jauh dari kota. Nah yang menjadi kendala dari sistem apotek online ini adalah sistem monitoringnya. Bagaimana cara apotek online ini memastikan bahwa resep yang mereka dapatkan adalah asli, dan bagaimana cara mereka memastikan bahwa resep yang telah digunakan tidak digunakan berulang kali di apotek lain?

Masalah inilah yang membuat sebagian besar apotek online masih ragu untuk melayani pembelian obat keras. Biasanya mereka hanya melayani pembelian obat yang bisa dijual bebas atau bebas terbatas. Masalah ini harus diselesaikan, karena masyarakat yang tinggal di pedesaan juga membutuhkan obat-obatan yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

Ada beberapa dokter yang mencoba mengembangkan sistem resep digital sebagai pengganti resep yang mereka miliki saat ini, namun itu berarti resep dokter asli masih bisa digunakan untuk mendapatkan obat keras tersebut dari apotek online lainnya.

Semua apotek online ini harus tergabung dalam satu sistem. Jadi seperti halnya apotek offline yang harus terdaftar, semua apotek online juga harus terdaftar dan terpantau dalam satu sistem. Dengan sistem yang terintegrasi seperti ini sangat memungkinkan untuk melayani penjualan obat keras, karena pengawasan akan lebih mudah dilakukan. Setiap pembeli hanya akan memiliki satu akun yang dapat digunakan di seluruh apotek online di Indonesia.

Sistem terintegrasi seperti ini juga memungkinkan pengawasan untuk mencegah berkembangnya apotek online palsu. Saat ini banyak toko obat yang tidak memiliki izin apotek, tetapi memiliki citra bisnisnya sebagai apotek di situs websitenya. Hal seperti ini tidak akan mungkin terjadi jika semua apotek online harus mendapatkan izin dan tergabung dalam satu sistem.

Namun harus diakui bahwa pengembangan sistem bukanlah hal yang mudah. Seringkali kita harus menunggu beberapa tahun untuk sistem yang lebih baik lagi. Jadi kita harus menunggu beberapa waktu lagi sampai sistem yang memiliki kontrol lebih baik dapat diselesaikan. Setidaknya kini hadirnya apotek online terdekat 24 jam sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan sebagian besar obat-obatan yang mereka butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *