Mengenal Enam Rukun Iman Dalam Islam Lengkap Beserta Maknanya

6 Rukun Iman Ini Wajib Dihafal Umat Muslim, Ini Makna Di Baliknya!

Menurut bahasa, pengertian rukun iman adalah pilar – pilar yang menyangga iman seorang muslim. Seorang muslim akan tegak keimanannya jika menyakini rukun – rukun tersebut. Beberapa ulama menyimpulkan bahwa jumlah rukun iman itu ada enam, sebagaimana yang diriwayatkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yang artinya berbunyi :

“Maka kabarkan padaku tentang iman, Rasulullah bersabda : Iman adalah bahwa kamu beriman kepada Allah dan malaikat-Nya, segala kitab-Nya, dan Rasul-Nya dan hari akhirat serta kamu beriman dengan qadar baik dan buruk.”

Umat muslim wajib mengetahui 6 rukun iman yaitu iman kepada Allah SWT, iman kepada Malaikat, iman kepada Kitab Allah SWT, iman kepada Nabi dan Rasul, iman kepada hari kiamat, serta iman kepada Qada dan Qadar.

Dibawah ini akan dijelaskan mengenai enam rukun iman dalam Islam lengkap beserta maknanya :

  1. Iman Kepada Allah SWT

Rukun iman yang pertama dan paling utama dalam Islam adalah Iman kepada Allah SWT. Umat muslim wajib mengenal terlebih dahulu bahwa tiada Tuhan selain Allah.

Menurut Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At Tuwaijiri, cara beriman kepada Allah SWT bisa diwujudkan dengan melakukan empat perkara berikut ini :

  • Percaya terhadap wujud (keberadaan) Allah SWT.
  • Percaya bahwa Allah SWT merupakan Tuhan yang tidak ada sekutu bagi-Nya.
  • Percaya terhadap Uluhiyyah Allah SWT.
  • Percaya terhadap Asma (nama – nama) serta sifat – sifat Allah SWT.
  1. Iman Kepada Malaikat

Rukun iman yang kedua adalah beriman kepada malaikat – malaikat utusan Allah SWT. Beriman kepada para malaikat memiliki makna yaitu untuk mengimani atau meyakini bahwa Allah SWT sudah menciptakan para malaikat dalam keadaan berikut ini :

  • Malaikat bukan berjenis laki – laki atau perempuan.
  • Malaikat tidak makan dan minum.
  • Malaikat juga tidak pernah tidur.
  • Malaikat tidak memiliki nafsu dan tidak menikah.
  • Malaikat merupakan makhluk mulia.
  1. Iman Kepada Kitab – Kitab Allah

Rukun iman yang ketiga adalah beriman kepada kitab – kitab-Nya. Makna beriman kepada kitab – kitab Allah ini adalah menyakini dan percaya bahwa Allah SWT sudah menurunkan wahyu berupa kitab suci melalui malaikat Jibril kepada para rasul untuk disampaikan kembali kepada umat, dimana didalamnya berisi petunjuk serta pedoman hidup bagi hamba – hamba-Nya.

Allah SWT sudah menurunkan empat kitab yaitu Al – Quran (Nabi Muhammad SAW), Injil (Nabi Isa), Taurat (Nabi Musa), dan Zabur (Nabi Daud).

  1. Iman Kepada Nabi Dan Rasul-Nya

Rukun iman yang keempat adalah iman kepada Nabi dan Rasul Allah SWT. Maknanya adalah setiap muslim percaya bahwa para nabi dan rasul merupakan utusan Allah SWT untuk menyampaikan wahyu-Nya. Adapun perbedaan antara nabi dan rasul adalah seorang nabi belum tentu seorang rasul, namun seorang rasul sudah tentu seorang nabi.

  1. Iman Kepada Hari Kiamat

Seluruh alam semesta suatu saat nanti akan hancur, kemudian tergantikan dengan kehidupan yang kekal di akhirat. Meyakini tentang hal itu merupakan rukun iman terhadap hari kiamat. Nanti saat hari kiamat terjadi, maka seluruh semesta beserta isinya akan binasa. Hari kiamat terjadi dalam dua fase, yaitu kiamat sugro (kecil) dan kiamat kubro (besar).

  1. Iman Kepada Qadha Dan Qodhar

Rukun iman yang keenam atau terakhir adalah iman kepada Qadha dan Qodhar. Setiap mukmin harus mengakui serta menyakini bahwa setiap hal yang terjadi di dunia ini atas izin Allah SWT. Umat mukmin harus menerima semua ketentuan Allah SWT dengan lapang dada, entah ketentuan yang baik ataupun kurang baik.

Namun, hanya Allah lah yang tahu mana yang terbaik untuk umatnya. Karena itu, setiap mukmin harus tetap berbaik sangka pada-Nya dan tetap melakukan yang terbaik sebagaimana yang sudah diperintahkan Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *