Rumah Tinggal Sederhana di Kota Besar

 
Rumah Tinggal Sederhana

Adapun standar kebutuhan manusia akan tempat tinggal di area perkotaan berada di ambang batas yang juga terkadang masih belum mencapai kesesuaian dalam pemanfaatan ruang untuk memenuhi kenyamanan ruang gerak di lingkungan sekitar. Kebutuhan ruang gerak yang nyaman serta pemenuhan akan udara segar perlu diperhitungkan ulang di lain sisi terus bertambahnya jumlah penduduk perkotaan seiring berjalannya aktifitas manusia yang begitu padat sesuai kehidupan masyarakat perkotaan. Meski berkonsep sederhana tentu saja tidak meninggalkan perencanaan yang matang untuk mewujudkannya karena posisinya yang berada di area perkotaan.

Kondisi sama halnya di Ibukota Jakarta, kota Surabaya juga merupakan kota terbesar yang sangat berpotensi menjadi tempat singgahnya kaum pendatang dari berbagai kota di sekitarnya sehingga kerap tercipta daerah dengan permukiman padat. Kondisi tersebut diperparah dengan musim penghujan yang kerap terjadi gangguan genangan banjir dan berdampak luas pada kelancaran roda perekonomian. Permasalahan permukiman di Kota seringkali pada timbulnya kawasan kumuh dibeberapa area seperti pinggiran kota; tambak; bantaran rel kereta api dan bahkan di pusat kota, ketidakteraturan fungsi dan permintaan lahan memicu tumpang tindihnya fungsi.

Ukuran menjadi tolok ukur penting dalam merancang desain rumah minimalis yang ideal di perkotaan, sekaligus menjadi inspirasi untuk para pekerja dengan tingkat kesibukan yang cenderung tinggi tapi memiliki hunian yang produktif dan nyaman. Kondisi ini menginspirasi Perancang Desain Rumah di Kota untuk merancang desain hunian yang nyaman meskipun berada di tengah kota namun serasa tinggal di daerah pedesaan, dengan penataan yang tepat serta menghadirkan unsur yang memancarkan nuansa alam sebagai elemen dekoratif.

Bangunan rumah minimalis sederhana simpel nan sederhana identik dengan nuansa kehangatan dimana harus diperhatikan pemilihan bahan material yang digunakan cenderung bertema natural sekaligus pemilihan warna yang sejuk. Menerapkan konsep natural dimana menitikberatkan pada penggunaan warna-warna cerah dan terang namun tetap sederhana, guna menciptakan suasana seakan menyatu kepada alam kita dapat membuat koneksi antara rumah dengan alam sekitar seraya membuat ruangan-ruangan terbuka bisa berupa taman maupun balkon. Hadirkan nuansa alam dengan sentuhan berbagai tanaman segar sebagai elemen dekoratif juga menambah kesegaran dan sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan.


Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak